Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Mei 2020 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

Efek Corona ke Wisata, Pesawat dan KA Mulai Beroperasi Lagi

Tim detikcom
detikTravel
Poster
Ilustrasi Corona Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Jumlah orang yang terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kini, muncul 14.000 lebih orang yang positif COVID-19 di Indonesia.

detikTravel akan menyajikan live report perkembangan virus Corona dan efeknya ke pariwisata Indonesia dalam beberapa hari terakhir:

11 Mei 2020

Kereta Mulai Jalan 12 Mei 2020

Dalam menghadapi pandemi Corona, PT KAI Indonesia menghentikan sementara pengoperasian kereta api. Namun mulai besok, akan ada kereta yang jalan lagi.

Dari rilis yang diterima detikcom, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk berbagai rute mulai tanggal 12- 31 Mei 2020.

"Terdapat 6 perjalanan Kereta Api Luar Biasa yang kami operasikan untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan pemerintah dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Kasus Positif Corona Mencapai 14.265 Orang

Angka positif virus Corona di Indonesia yang dikonfirmasi pemerintah kini bertambah menjadi 14.265 orang. Jumlah itu meningkat sebanyak 233 kasus dibanding sehari sebelumnya. Hari ini ada 183 orang yang sudah sembuh dengan demikian total orang sembuh mencapai 2.881 orang dan kasus meninggal hari ini bertambah 18 menjadi 991 orang.

Sriwijaya Kembali Terbang 13 Mei 2020

Sriwijaya Air Group kembali mengoperasikan penerbangan domestiknya. Maskapai ini mulai kembali beroperasi pada 13 Mei 2020 mendatang.

Perusahaan menegaskan, Sriwijaya Air Group akan melayani penerbangan domestik yang hanya ditujukan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

10 Mei 2020

Ini Daftar Rute Domestik Garuda yang Kembali Buka

Mengutip situs resmi Garuda Indonesia Minggu (10/3/2020) pukul 21.00 WIB, total ada 37 rute domestik yang sudah kembali beroperasi. Namun penerbangan ini hanya boleh digunakan oleh mereka yang memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Konfirmasi Positif Corona Tembus 14.000 Orang

Angka positif virus Corona di Indonesia yang dikonfirmasi pemerintah kini bertambah menjadi 14.032 kasus. Jumlah itu meningkat sebanyak 387 kasus dibanding sehari sebelumnya.

Jumlah total 14.032 kasus positif COVID-19 yang tercatat sampai hari ini terdiri dari 2.698 orang yang sudah sembuh dan 973 orang yang sudah meninggal. Angka kesembuhan naik 91 orang, sedangkan angka kematian naik 14 orang.

9 Mei 2020

Kasus Konfirmasi Positif 13.645 Orang

Per hari ini, konfirmasi COVID-19 mencapai 13.645 orang. Jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 terus bertambah menjadi 2.607 orang. Sementara jumlah pasien yang meninggal sebanyak 959 orang. Kasus sembuh 2.607 orang.

Kebun Binatang Butuh Bantuan

Pandemi virus Corona juga berdampak langsung pada operasional kebun binatang di Indonesia. Tak sedikit yang berjuang untuk bertahan. Yuk, kita bantu!

Hadirnya virus Corona membuat sejumlah kebun binatang di Indonesia ditutup sementara untuk memutus rantai penularan. Tanpa pengunjung, kebun binatang pun tak memiliki pemasukan.

Tanpa pemasukan, satwa di dalam kebun binatang menderita. Masalahnya, dibutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memberi makan fauna yang ada di kebun binatang itu.

"Kebun binatang Bandung ya tutup sejak 24 Maret. Sampai sekarang gak terima pengunjung. Faunanya tetap dikasih makan, dari tabungan saving selama ini," ujar Humas Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), Sulhan Syafi'i, dalam perbincangan dengan detikcom.

Satwa Kebun Binatang Medan Kelaparan

Selain manusia, satwa-satwa juga terkena imbas virus Corona. Salah satunya, satwa di Kebun Binatang Medan, Sumatera Utara yang terancam kelaparan.

Kebun binatang Medan sudah lebih dari sebulan ditutup. Sebelumnya, jumlah pengunjung kebun binatang ini juga menurun, dari yang semula 3.000 orang per hari menjadi 300 orang pada bulan Januari.

Kunjungan Wisman Lewat Jalur Darat & Laut di Maret 2020 Turun Drastis

Jumlah kunjungan wisman melalui pintu masuk laut pada Maret 2020 turun drastis sebesar 71,65% dibandingkan tahun lalu. Begitu pun wisman yang lewat jalur darat.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diterima detikTravel, Jumat (8/5/2020), angka kunjungan wisman ke Indonesia yang masuk lewat jalur laut di bulan Maret 2020 hanya sekitar 107,38 ribu kunjungan saja, turun dari tahun lalu, yaitu 378,7 ribu kunjungan.

Kereta Akan Buka Perjalanan Jarak Jauh

Menyusul maskapai pesawat yang kembali beroperasi, PT KAI juga akan membuka layanan kereta jarak jauh menyusul keputusan Menhub Budi Karya Sumadi.

Syarat-syarat Naik Pesawat Terbang

Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi traveler sebelum bisa terbang di masa pandemi Corona. Jika memilikinya, Anda bisa naik pesawat seperti biasa.

Menurut Angkasa Pura yang mengutip Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemerintah kini mengizinkan semua moda transportasi, termasuk pesawat, untuk kembali beroperasi mulai dari Kamis, 7 Mei 2020 di masa larangan mudik. Tujuannya agar perekonomian nasional dapat tetap berjalan.

Kelonggaran pengoperasian kembali moda transportasi disertai dengan pembatasan kriteria penumpang sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Beberapa kriteria yang ditetapkan untuk membatasi perjalanan penumpang, yakni dengan menunjukkan surat tugas, identitas diri, dan hasil negatif COVID-19 berdasarkan Rapid Test, serta melaporkan detail rencana perjalanan.

8 Mei 2020

Airy Tutup Akhir Mei

Startup agregator hotel melati Airy atau Airy Rooms memutuskan untuk menghentikan operasinya pada akhir Mei ini.

Dilansir Tech in Asia, penyetopan operasi itu diketahui dalam email yang dikirimkan Airy ke para rekannya. Dalam email tersebut Airy menghentikan kerja samanya dengan para rekannya setelah mereka memutuskan untuk menghentikan semua operasinya secara permanen.

Dalam penjelasannya, Airy menyebut pandemi Corona punya dampak besar terhadap hampir semua sektor bisnis, terutama sektor pariwisata.

"Kami sudah berusaha untuk melakukan upaya terbaik untuk mengatasi dampak dari bencana ini. Bagaimanapun, mengingat penurunan bisnis yang signifikan dan pengurangan sumber daya manusia yang kami miliki, kami memutuskan untuk menghentikan bisnis secara permanen," tulis Airy dalam emailnya tersebut.

Tingkat Hunian Hotel Menurun Drastis

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Indonesia sepanjang Maret 2020 mencapai rata-rata 32,24% atau turun 52,88% dibandingkan tahun lalu.

Kasus Positif Mencapai Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia hari ini, Jumat 8 Mei 2020, per pukul 12.00 WIB menurut juru bicara pemerintah Achmad Yurianto bertambah 336 orang menjadi 13.112 orang. Sementara itu, jumlah pasien sembuh bertambah 113 orang menjadi 2.494 orang dan jumlah pasien yang meninggal bertambah 13 orang sehingga total 943 meninggal.

7 Mei 2020

Kunjungan Wisman Turun 67,8 Persen

Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang masuk lewat jalur udara pada bulan Maret 2020 mengalami penurunan 67,88% dibanding bulan yang sama tahun 2019 lalu.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip detikTravel, Kamis (7/5/2020) penurunan kunjungan wisman tersebut terjadi di seluruh pintu masuk udara kecuali di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Citilink Kembali Beroperasi 8 Mei

Maskapai Citilink Indonesia akan kembali melayani penerbangan domestik mulai tanggal 8 Mei 2020, pukul 00.00 WIB.

Layanan penerbangan domestik tersebut diperuntukkan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.

Syarat itu di antaranya adalah pelanggan yang melakukan perjalanan kedinasan, repatriasi WNI/pelajar/pekerja migran/pemulangan orang dengan alasan khusus, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat dan pelanggan yang keluarganya sakit keras atau meninggal dunia dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

Lion Air Terbang Lagi 10 Mei

Lion Air Group akan kembali terbang melayani rute domestik pada tanggal 10 Mei 2020. Keputusan ini diambil mengacu pada aturan yang berlaku.

Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) akan kembali beroperasi melayani rute domestik mulai Minggu (10/5), akhir pekan ini.

Kasus Corona Mencapai 12.776 Orang

Angka positif COVID-19 di Indonesia kini mencapai 12.776 kasus. Ada penambahan sebanyak 338 kasus baru pada hari ini, sedikit lebih rendah ketimbang kasus baru sehari sebelumnya yang berjumlah 367 kasus.

Data terbaru mengenai wabah ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam siaran langsung, Kamis (7/5/2020).

Pada hari ini, angka kesembuhan sudah bertambah 64 orang sehingga total sudah ada 2.381 orang yang sembuh dari COVID-19. Angka kematian bertambah 35 orang sehingga total ada 930 orang meninggal dunia.

6 Mei 2020

Menhub Izinkan Semua Moda Transportasi Beroperasi Besok

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan izin transportasi beroperasi ke luar daerah di tengah pandemi virus Corona mulai besok, 7 Mei 2020.

Kebijakan transportasi ini merupakan turunan dari Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

"Rencananya Gugus Tugas COVID-19 yang akan mengumumkan. Intinya adalah penjabaran bukan relaksasi. Dimungkinkan semua moda angkutan udara, kereta api, laut dan bus kembali beroperasi dengan catatan harus pakai protokol kesehatan," ujar Budi Karya.

Menurut Budi Karya, keputusan ini diambil agar perekonomian nasional tetap berjalan. Nantinya ada beberapa kriteria masyarakat yang bisa bepergian. Salah satunya untuk anggota DPR.

Ini Aturan Pengecualian Perjalanan Mudik

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengeluarkan edaran mengenai Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Sejumlah kriteria orang mendapatkan pengecualian dan diperbolehkan melakukan perjalanan dalam masa pandemi ini.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan kriteria orang tersebut dari TNI dan Polri, pegawai BUMN, ASN, lembaga usaha, yang semuanya berkaitan dengan penanganan COVID-19, dan sejumlah kriteria masyarakat lainnya.

"Kemudian siapa saja yang dikecualikan untuk bisa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan penanganan COVID ini, antara lain adalah aparatur sipil negara, TNI dan Polri, pegawai BUMN, lembaga usaha yang semuanya tentunya berhubungan dengan penanganan percepatan COVID-19, termasuk juga pengecualian diberikan kepada masyarakat yang mengalami musibah dan kemalangan seperti meninggal dan ada keluarga yang sakit keras," kata Doni Monardo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (6/5/2020).

Kasus Positif Mencapai 12.438 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia hari ini, Rabu 6 Mei 2020, per pukul 12.00 WIB menurut juru bicara pemerintah Achmad Yurianto bertambah 367 orang menjadi 12.438 orang. Sementara itu, jumlah pasien sembuh bertambah 120 orang menjadi 2.317 orang dan jumlah pasien yang meninggal bertambah 23 orang sehingga total 895 orang meninggal.

5 Mei 2020

Jumlah Wisman Melorot 64,11 Persen

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio pariwisata merupakan sektor pertama dan paling terdampak atas pandemi COVID-19.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara pada Maret 2020 turun sebesar 45,50 persen dibandingkan bulan Februari 2020. Dibandingkan pada Maret 2019, jumlah kunjungan wisman pada Maret 2020 mengalami penurunan sebesar 64,11 persen.

"Secara kumulatif pada Januari hingga Maret 2020, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 2,61 juta kunjungan atau turun 30,62 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2019 yang berjumlah 3,76 juta kunjungan," kata Wishnutama.

Penurunan ini, kata Wishnutama, sudah dapat diperkirakan mengingat langkah-langkah pemerintah Indonesia dan juga pemerintah negara penyumbang wisman potensial ke Indonesia yang memutuskan menutup akses keluar-masuk negaranya demi pencegahan penyebaran COVID-19.

Kasus Positif Mencapai 12.071 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia hari ini, Selasa 5 Mei 2020, per pukul 12.00 WIB bertambah 484 orang menjadi 12.071 orang. Sementara itu, jumlah pasien sembuh bertambah 243 orang menjadi 2.197 orang dan jumlah pasien yang meninggal bertambah 8 orang sehingga total 872 orang.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA