Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Sep 2020 11:00 WIB

TRAVEL NEWS

Kampung Muslim Norwegia, Sampai Sawah Keren Dekat Borobudur

Tim detikcom
detikTravel
Kampung muslim norwegia
Kampung Muslim Norwegia Foto: Ady Candra/d'traveler
Jakarta -

Negara di Eropa tepatnya Swedia dan Norwegia selama ini tergolong aman dan rukun. Namun kerukunan itu sedikit ternodai karena ada demo yang berujung pelecehan Al-Qur'an di kedua negara itu.

Unsur-unsur Islam di tanah air pun meminta penjelasan kepada Norwegia dan Swedia. Terlepas dari demo itu, Oslo sebenarnya merupakan merupakan salah satu kota yang ramah bagi umat muslim yang hidup belahan utara Eropa atau yang dikenal Skandinavia.

Menurut Ady Candra, traveler, sebagian besar muslim tinggal di Distrik Gronland yang berbatasan dengan pusat kota. Untuk mencapai Gronland dengan transportasi umum relatif mudah, karena di kawasan ini terdapat pusat halte bus Oslo dan stasiun kareta yang menghubungkan antar kota di Norwegia.

Sebagai pusat kegiatan muslim, bangunan masjid, restoran halal dan perlengkapan muslim cukup mudah ditemukan dikawasan ini. Untuk sarana ibadah umat muslim terdapat dua masjid dengan jamaah cukup besar yakni The Islamic Cultural Center dan Central Jam-e-Mosque.

"The Islamic Cultural Center atau Pusat Kebudayaan Islam Norwegia dibangun tahun 1974 yang sekaligus menjadikan masjid pertama di Norwegia. Berbagai sumber menyebutkan bahwa anggaran pembangunan masjid mencapai Rp 806 miliar yang berasal dari sumbangan imigran Pakistan," tulisnya dalam d'Travelers Stories.

Bangunan ini terdiri dari empat lantai, di samping tempat ibadah juga sebagai pusat syiar Islam di Norwegia dan pusat penyelenggaraan pendidikan Al-Qur'an. Berjalan 10 menit melintasi Gronlandpark terdapat Central Jam-e-Mosque, di samping masjid juga merupakan Kantor Pusat World Islamic Mission di Norwegia yang dibangun tahun 1994.

Fasad depan masjid cukup mencolok dari jauh, motif keramik pada dinding didominasi warna biru yang merupakan campuran gaya Iran dan Spanyol. Di samping sarana ibadah sepanjang jalan di Gronland banyak dijumpai restoran halal terutama menjual masakan Pakistan dan Turki.

Salah satu restoran dan tempat perbelanjaan yang cukup terkenal adalah Gronland Basar dengan konsep restoran dan perbelanjaan khas Norwegia dan imigran yang tinggal di kawasan ini.

Artikel seputar Kampung Muslim Norwegia ini menjadi berita populer Senin (31/8/2020) di detikTravel. Jangan ketinggalan juga artikel populernya di bawah ini:



Simak Video "Menikmati Kesejukan Udara Pegunungan Sambil Ngunyah Jajanan Khas Puncak, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA