Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Mar 2021 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Belasan Orang Bugil di Pandeglang, Naik Taksi Terbang

Tim detikcom
detikTravel
Kelompok Hakekok Bertobat
Foto: Kelompok Hakekok (dok. Istimewa)
Jakarta -

Selama sepekan, ada 10 berita terpopuler di kanal detikTravel. Mulai dari berita belasan orang bugil di Pandeglang hingga naik taksi terbang di Bandara Soetta.

Warga Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, dikejutkan dengan adanya sekelompok orang yang melakukan ritual berendam di sebuah rawa pada Kamis (11/3) siang.

Tercatat, ada 16 orang laki-laki dan perempuan yang berendam di rawa dengan telanjang bulat. Dugaan sementara, mereka sedang melakukan ritual aliran tertentu.

Berdasarkan keterangan sementara yang dihimpun penyidik, mereka menganut ajaran Akekoh atau Balatasutak. Padepokannya diketahui berada di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dahulu, ajaran itu dibawa oleh E yang sudah meninggal, kemudian diteruskan A (52) yang masih satu keluarga.

"Ketuanya saudara A, umur 52 tahun. Untuk ajarannya, menganut ajaran Akekoh, dibawa oleh saudara E, almarhum. Diteruskan saudara A, dengan ajaran Balatasutak," jelas Wakapolres Pandeglang, Kompol Roky Crisma Wardana.

Roky pun meminta agar masyarakat tak terprovokasi dengan informasi yang belum diketahui kebenarannya terkait keberadaan kelompok ini. Pakaian dan identitas 16 orang yang terlibat dalam aksi bugil bareng itu dijadikan barang bukti sementara oleh Polres Pandeglang.

Sementara itu, MUI menyebut ritual mandi bareng belasan warga tanpa busana di Kecamatan Cigeulis, Pandeglang telah menyimpang. MUI menilai ritual kelompok tersebut sudah jauh melenceng dari nilai-nilai agama Islam.

"Jelas itu menyimpang, sudah terlalu jauh itu. Ritual telanjang seperti itu oleh agama-agama lain pun pasti tidak dibenarkan," kata Sekretaris MUI Pandeglang Ghaffar Al Hatiri kepada detikcom.

MUI pun mengecam tindakan kelompok yang belakangan diketahui menganut kepercayaan hakekok balakasuta tersebut. Sebab, aliran kelompok itu sudah jauh melenceng dari nilai ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

"Masalahnya, kalau ajarannya hanya tok pada bidang pencucian diri saja (mandi bareng tanpa busana), maka itu tidak dibenarkan. Ketika dibawa ke ajaran seperti ini, itu jelas tidak sesuai," tegasnya.

Itulah berita terpopuler detikTravel selama sepekan terakhir. Ada juga berita tentang naik taksi terbang ke Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten.

Berikut Daftar Lengkap Berita Terpopuler detikTravel Selama Sepekan:

1. Cuti Isra Miraj 2021 Ditiadakan, Ini Tanggal Merah Bulan Maret 2021
2. Belasan Orang Bugil di Rawa Pandeglang, Terkait Aliran Sesat?
3. Bangga! Insinyur Asal Indonesia Ikut Bangun Roket NASA
4. Mobil Viral Gegara Aksi Lempar Botol Plastik ke Kuda Nil, Pemilik Bingung
5. Ini Desa Batulayang, Desa Wisata Berkelanjutan Pertama di Bogor
6. Tragis! Kuda Nil di Taman Safari Bogor Dikasih Makan Sampah
7. Pengunjung Taman Safari yang Lempar Botol Plastik ke Kuda Nil Minta Maaf
8. Pramugara-Pilot Adu Jotos, Gigi Pilot Copot, Pramugara Lengannya Patah
9. Begini Megahnya 5 Resort Termewah di Bali, Mau Coba?
10. Buru-buru ke Bandara Soetta dan Punya Banyak Uang, Naik Saja Taksi Terbang



Simak Video "Pemuda Bugil di Atas Motor di Klaten, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA