Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Jun 2021 07:06 WIB

TRAVEL NEWS

Ikan Purba yang Ditemukan di Sulawesi dan Afrika Umurnya Bisa Seabad!

BBC
detikTravel
Ikan purba.
Ikan purba coelacanth (AFP via Getty Images)

"Coelacanth tampaknya adalah salah satu bahkan spesies dengan siklus kehidupan terlambat di antara ikan laut, mirip hiu laut dalam dan ikan roughy (hidup di kedalaman 1,8 kilometer di bawah permukaan laut)," kata Kelig Mahe dari Unit Penelitian Perikanan Laut Utara di Boulogne-sur- mer, Prancis.

"Hasil kajian kami menunjukkan bahwa ikan ini mungkin lebih terancam punah daripada yang diperkirakan karena sejarah hidupnya yang aneh. Akibatnya, informasi baru tentang biologi dan sejarah kehidupan coelacanth ini penting untuk konservasi dan pengelolaan spesies ini," ujar Mahe.

Rencananya, para peneliti itu bakal menganalisis secara lebih lanjut untuk mengetahui apakah tingkat pertumbuhan spesies ini berkaitan dengan suhu. Jawaban yang akan muncul bakal memberikan beberapa wawasan baru tentang dampak perubahan iklim pada spesies yang rentan ini.

Nenek moyang coelacanth berevolusi 420 juta tahun yang lalu, selamat dari pergeseran benua dan serangan asteroid yang memusnahkan dinosaurus.

Tinggal di gua-gua di dasar laut, ikan purba coelacanth dapat tumbuh hingga 1,8 meter, dengan bobot lebih dari 90 kilogram.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Sempat Disebut Punah, Ikan Purba 420 Juta Tahun Ini Masih Hidup"
[Gambas:Video 20detik]

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA