Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Jul 2021 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Airbus Desain Tenda Karantina Covid-19 buat Kabin Pesawat

Tenda karantina Covid-19 di kabin pesawat
Tenda karantina Covid-19 di kabin pesawat (Foto: Airbus)
Jakarta -

Penerbangan di berbagai negara mulai menggeliat kembali setelah berbulan-bulan dihantam Covid-19. Agar lebih aman, pabrikan pesawat Airbus mendesain tenda karantina untuk kabin pesawat.

Di pesawat yang penuh sesak, mungkin sulit untuk benar-benar mengisolasi traveler yang bergejala dengan jarak sejauh dua meter, sesuai yang direkomendasikan oleh badan penerbangan global IATA dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Diberitakan CNN, sebagai solusinya, Airbus bikin PaxCASE (Passenger Containment Area for Symptomatic Events). Tenda karantina berbahan plastik semi-transparan ini akan melingkari penumpang yang berpotensi menularkan droplet virus Corona.

Ingo Wuggetzer, wakil presiden pemasaran kabin di Airbus, mengatakan bahwa PaxCASE bersifat kuat menempel di kabin pesawat. Keberadaannya menggantung pada semacam rel tirai atau berfungsi sebagai lembaran yang dapat dilepas dan dipasang kembali di langit-langit.

Tenda karantina kabin pesawat oleh Airbus ini akan mengelilingi dua baris kursi dan memotong tiga kursi menjadi dua bagian. Dua kursi yang akan ditempati oleh penumpang yang bergejala.

"Ini prinsip yang sangat sederhana dan mudah diterapkan oleh kru jika terjadi kebutuhan darurat," kata Wuggetzer.

Konsep oleh Airbus itu telah dinominasikan dalam kategori Perjalanan Udara Bersih dan Aman di Crystal Cabin Awards 2021. Acara itu berfokus pada tren terbaru dalam inovasi interior pesawat.

Crystal Cabin Awards biasanya memiliki delapan kategori, tetapi tahun ini difokuskan pada dua penghargaan utama yang memang dibutuhkan oleh penerbangan saat ini. Kategori itu yakni Perjalanan Udara Bersih dan Aman, dan Pilihan Juri.

Wuggetzer mengatakan Airbus merancang penggunaan PaxCASE selama periode pandemi terburuk di 2020. Ketika itu perjalanan udara global terhenti sama sekali dan tim itu telah membuat lebih dari 2.000 rancangan.

Tujuan diciptakannya PaxCASE oleh Airbus adalah untuk menjawab saat adanya pembatasan pemerintah dan maskapai di seluruh dunia untuk menyaring penumpang yang terinfeksi. Pada akhirnya, mereka bisa duduk di sebelah Anda di pesawat.

IATA sendiri telah menetapkan bahwa risiko tertular Covid-19 saat mengenakan masker di pesawat sangatlah rendah. Namun, masih sedikit maskapai yang berminat pada tenda karantina kabin pesawat itu namun diakui oleh penyelenggara Crystal Cabin Awards.



Simak Video "Super Air Jet Akan Terbang di Sejumlah Destinasi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA