Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Des 2021 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Potensi Tsunami sampai Jakarta, Ancol Pertama Kali Diterpa Banjir Rob

Tim detikcom
detikTravel
Poster
Foto: Ilustrasi tsunami (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Bulan Desember 2021 ini, ada kabar tentang potensi tsunami besar yang melanda pesisir Pulau Jawa. Bahkan dikatakan ada risiko Jakarta terkena tsunami lebih besar.

Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB), Heri Andreas mengungkapkan data dari Global Navigatuon Satelite System (GNSS). Dikatakan bahwa terdapat akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda sampai selatan Pulau Jawa. Daerah tersebut meliputi Pelabuhan Ratuu, selatan Parangtritis serta selatan Pantai Jawa Timur.

Dari permodelan, apabila gempa terjadi hingga kekuatan mencapai magnitudo (M) 8,7 sampai 9,0, kemungkinan diikuti tsunami raksasa setinggi 20 meter.

Risiko Jakarta terkena tsunami disebut akan lebih besar, karena wilayah pesisir sudah berada di bawah laut hingga minus satu hingga dua meter.

"Berdasarkan hasil simulasi model, run-up tsunami dapat mencapai sebagian besar Pluit, Ancol, Gunung Sahari, Kota Tua hingga Gajah Mada. Kalau kita perhatikan modelnya ternyata nyaris menyentuh Istana," ujar Heri dalam keterangan tertulis seperti dikutip detikTravel dari CNBC Indonesia, Kamis (9/11/2021).

Dari pemodelan yang dibuat, peran tanggul untuk laut Jakarta sangatlah penting. Ini bisa berfungsi untuk melindungi Jakarta dari banjir rob hingga ancaman tsunami.

Dia mengatakan fakta ancaman tersebut harus diungkapkan. "Fakta ini mau tidak mau harus diungkap, meskipun terkesan menakut-nakuti," kata Heri.

Selain itu masyarakat juga diimbau menyikapi risiko tersebut dengan lebih bijak dan waspada. Gempa bumi dan tsunami ada bencana alam yang hampir tidak mungkin dicegah.

Sebelumnya juga terdapat prediksi potensi gempa besar dan tsunami setinggi 29 meter. Ini diperkirakan akan terjadi di wilayah pantai selatan Jawa, khususnya Jawa Timur.

Selain itu juga pernah ada prediksi dari Tim ITB soal gempa dan tsunami di pesisir Jawa hingga Selat Sunda. Diperkirakan tsunaminya memiliki tinggi 20 meter.

Namun menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) belum ada teknologi yang dapat memprediksi soal gempa dengan tepat dan akurat. Termasuk soal keakuratan waktu kejadian, tempat dan kekuatan saat gempa terjadi.

BMKG juga mengatakan tidak pernah mengeluarkan prediksi soal bencana tersebut. "Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi," mengutip dari laman resmi BMKG.

Selain itu, ada berita populer mengenai penampakan super langka di laut. Seorang traveler bernama Leo van Toly mengambil foto di dekat perairan Jamaika.

Paus Albino di JamaikaPaus Albino di Jamaika Foto: (dok.Leo Van Toly)

Sekilas memang tak ada yang spesial dari foto yang ditangkap Toly tapi jika diteliti ada sesosok makhluk langka. Seekor foto paus sperma berwarna putih terlihat asyik bermain di permukaan air.

Berikut berita terpopuler detik Travel di bulan Desember 2021:



Simak Video "Detik-detik Tsunami Hantam Wilayah Tonga"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya