Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Apr 2022 09:53 WIB

TRAVEL NEWS

Rusia Angkat Kaki dari Chernobyl-Sejarah Bucha yang Warganya Dibantai

Tim detikcom
detikTravel
FILE - An abandoned Ferris wheel stands in the park in the ghost town of Pripyat, Ukraine, close to the Chernobyl nuclear plant, on April 15, 2021. Among the most worrying developments on an already shocking day, as Russia invaded Ukraine on Thursday, was warfare at the Chernobyl nuclear plant, where radioactivity is still leaking from historys worst nuclear disaster 36 years ago.(AP Photo/Efrem Lukatsky, File)
Chernobyl, Ukraina (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Jakarta -

Berita terpopuler detikTravel pada hari kemarin masih tentang invasi Rusia ke Ukraina. Ada kabar tentara mereka angkat dari Chernobyl karena terpapar radiasi sampai warga Bucha yang dibantai warganya.

Rusia akhirnya menarik mundur pasukan mereka dari Chernobyl. Konon katanya, banyak dari tentara mereka yang terpapar radiasi nuklir saat menduduki situs itu.

Chernobyl terkenal dengan wisata kelamnya. Ledakan dahsyat dari reaktor nuklir di tahun 1986 mengguncang kota ini, membuat Chernobyl diselimuti radiasi nuklir yang sangat tinggi dan memaksa jutaan orang untuk mengungsi dari tempat tinggalnya.

Sampai sekarang Chernobyl masih diselimuti radiasi nuklir dan dikenal sebagai salah satu tempat paling tercemar radiasi di muka bumi. Kota ini bahkan jadi kota mati dan terbengkalai.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (7/4), selama satu bulan lebih lamanya tentara Rusia menduduki Chernobyl. Namun akhirnya pada Jumat (1/4) lalu, Chernobyl dikembalikan ke tangan Ukraina.

Badan energi Ukraina, Energoatom mengonfirmasi kabar tersebut. Mereka menyebut penarikan pasukan Rusia dilakukan setelah ada kabar bahwa tentara mereka terpapar radiasi saat menggali parit di zona eksklusif di sekitar PLTN Chernobyl yang ditutup.

Berikut tautan 10 berita terpopuler detikTravel pada hari kemarin:

Simak Video 'Masih Ditemukan Ratusan Mayat Terbengkalai di Sekitar Bucha':

[Gambas:Video 20detik]



(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA