Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Mar 2021 14:46 WIB

TRAVEL NEWS

Singgah di Christine Klappertart, Sandiaga: Beli Produk Kreatif Lokal, Yuk

Femi Diah
detikTravel
Sandiaga di Manado
Sandiaga Uno Foto: (Femi Diah/detikcom)
Manado -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk mendukung produk lokal seperti yang diserukan Presiden Joko Widodo. Dia juga memberikan pesan khusus kepada UMKM.

Usai meninjau perluasan Bandara Sam Ratulangi dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Graha Bumi Beringin bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin, Sandi singgah di Christine Klappertaart di Jalan BW Lapian No 32 Manado, Jumat (5/3/2021).

Kedai klappertaart itu sekaligus menjadi tempat penitipan makanan kemasan usaha rumahan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

"Pertama, saya mengajak masyarakat membeli produk lokal. Kedua, memastikan usaha kecil menengah ini melakukan adaptasi teknologi agar mereka menjadi ekosistem marketplace, ekosistem zaman now," kata Sandiaga.

"Selain itu, saya di sini memberikan harapan dan motivasi untuk membangkitkan ekonomi kita dengan prokes yang ketat dan disiplin

Sandiaga di ManadoChristine Klappertart Foto: (Femi/detikcom)

"Ajak masyarakat bersiap-siap memulihkan kegiatan ekonomi kita," dia menambahkan.

Christine Klappertaart termasuk usaha kreatif kuliner legendaris yang terimbas pandemi Covid-19. Pemilik kedai Elsje Crestine Simangkut harus memangkas jumlah pegawai dari 16 menjadi enam orang di awal pandemi. Kini, sudah menambah lagi menjadi sembilan karyawan.

"Biasanya sebelum pandemi kami bisa menghabiskan 300 kelapa muda, namun saat pandemi sempat cuma 50 kelapa, sekarang mulai naik lah sekitar 100 kelapa," kata Crestine.

Dia berharap wisata di Manado kembali pulih. Sehingga usaha kuliner dan sektor wisata lain di Sulawesi Utara juga turut bangkit.


Sandiaga sendiri mengatakan Kemenparekraf akan bekerja dengan 3G Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Untuk Bangkit (Gaspol).

Nantinya kata Sandiaga Uno di Bandara Sam Ratulangi akan dibuatkan Dibuat Creative Hub, menjadi etalase UMKM terbaik, untuk memberikan kesempatan bagi mereka berinovasi, produk terbaik yang dikurasi tersebut dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi.

"Pak Bupati minta ada Kolintang yang sebentar lagi akan diakui UNESCO juga, produk-produk UMKM lainnya. Nanti ada dua panggung, dan area UMKM. Jadi nanti seperti di airport di Bali, dimana setiap penumpang yang tiba dan berangkat akan dapat melihat karya-karya terbaik Sulawesi Utara. Kita akan on boarding digitalisasi juga tidak hanya di showroom saja tapi juga masuk ke market place dengan QR Code," tutur Sandiaga Uno.



Simak Video "Dukung Dangdut Masuk UNESCO, Fitri Carlina Bikin Kafe di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA