Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 23:15 WIB

TRAVEL NEWS

Apakah Jemaah Haji Furoda Masih Mungkin Berangkat Tahun Ini?

Umat Islam di Australia Terpukul dengan Melonjaknya Ongkos Naik Haji dan Sistem Undian Haji
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Jemaah Haji Furoda terkendala oleh visa yang belum dikeluarkan oleh pemerintah Saudi. Belum ada kepastian yang didapatkan hingga kini.

Agen travel dan jemaah Indonesia hanya bisa berharap pemerintah Saudi dalam masalah pengeluaran visa. Wasekjen AMPHURI, Rizky Sembada pun mengungkapkan ratusan jemaah haji furoda di AMPHURI semuanya belum mendapatkan visa. Namun, kemungkinan untuk berangkat tahun ini tetap ada.

"Kalau masalah memungkinkan sih tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT tergantung bagaimana ikhtiar kita dan ketetapan Saudi Arabia sebagai pemilik visa itu sendiri. Artinya yang mengeluarkan visa itu kan dari pemerintah Saudi. Maka kita tetap berharap di waktu-waktu akhir ini visa furoda keluar, karena ini saya sebagai pengurus AMPHURI sekretaris internal AMPHURI dan sebagai pelaku bisnis kami pun juga masih deg degan gitu ya karena kita belum keluar juga visa kita " kata Rizky kepada detikcom, Jumat (24/6/2022).

"Kita tetap menggantungkan segala urusan kita kepada Allah SWT dengan terus melakukan ikhtiar-ikhtiar semoga pemerintah Saudi membuka kuota kepada jemaah furoda sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, karena sistemnya di on kan otomatis secara logikanya ada kuota tersebut," tambahnya.

Kemungkinan kendala Haji Furoda ini tak hanya terjadi di Indonesia, tapi dunia. Permasalahan ini bukanlah dari intern domestik per travel maupun Indonesia, sebab stakeholder pemegang kebijakan visa ini adalah pemerintah Saudi.

"Sampai detik ini belum ada satu user pun yang turun untuk jemaah Haji Furoda ini. Belum ada satu user pun yang turun kepada kami para penyelenggara di seluruh Indonesia bahkan wallaahu a'lam bisa dunia. Sampai saat ini kita hanya bisa berdoa dan terus berdoa," kata Rizky.



Simak Video "Kasus 46 Calon Dideportasi Saudi, Apa Itu Haji Furoda?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Update Bom Astana Anyar
Update Bom Astana Anyar Selengkapnya