Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Apr 2022 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Orang Belanda Jangkung Banget-Patung Sura-Baya Terlantar

Tim Detikcom
detikTravel
Namun ternyata, di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak juga ada Patung Sura dan Baya. Patung tersebut beda dari tiga patung yang sudah dikenal luas.
Patung Sura-Baya terbengkalai (Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Jakarta -

Negeri Tulip terkenal dengan warganya yang tinggi-tinggi. Sementara itu di sebuah patung Sura-Baya jadi viral.

Belanda kerap kali disebut sebagai negeri raksasa. Ini karena orang-orang di sana punya tubuh jangkung, melebihi rata-rata tinggi orang di dunia.

Dilansir dari BBC, pada 2020, tinggi rata-rata pria Belanda adalah 182,5 cm sedangkan perempuan Belanda adalah 168,7 cm.

Seperti telah disebutkan di atas, orang Belanda tidak sejak awal berbadan tinggi. Mereka mulai meninggi sekitar 160 tahun terakhir.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Royal Society of London, dalam catatan militer Belanda menemukan pada pertengahan tahun 1800-an, tentara Belanda tingginya sekitar 165 cm. Namun dalam 160 tahun, orang Belanda tumbuh 20 cm lebih tinggi.

"Pertumbuhan ini terlalu cepat jika hanya disebabkan efek genetik," kata Profesor Louise Barret dari Universitas Lethbridge, Kanada.

Hal itu dibuktikan dengan temuan bahwa pasangan yang memiliki banyak anak adalah pria jangkung dengan perempuan dengan tinggi rata-rata.

Oleh karena itu, tingginya orang Belanda juga dapat disebabkan faktor lingkungan. Menurut Barret, sistem perawatan kesehatan Belanda yang baik, tingkat ketimpangan pendapatan yang rendah, dan sistem kesejahteraan sosial yang sangat baik menjadi faktor yang membuat tubuh mereka tinggi.

"Di Belanda, semua hal mengarah pada terbentuknya bayi berkualitas tinggi yang kemudian tidak mengalami hal-hal yang akan mengurangi tinggi badan," kata dia.

"Setiap kali tubuh meningkatkan respon imun, tubuh akan kehilangan energi yang seharusnya bisa digunakan untuk pertumbuhan," ujarnya lagi.

Terkait dengan nutrisi yang dikonsumsi orang Belanda, perlu diingat bahwa negara ini dikenal sebagai produsen susu. Orang-orang Belanda juga dikenal sangat menyukai produk susu.

Berita selanjutnya adalah patung Sura-Baya yang terbengkalai. Baru-baru ini sedang menjadi perbincangan di media sosial tentang sebuah patung Sura dan Baya yang berukuran tidak terlalu besar di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak. Namun, kondisi patung itu sangat memprihatinkan.

Area sekitar patung itu dipenuhi ilalang. Tidak hanya itu akses menuju patung itu juga berlumpur dan becek. Tampak juga sejumlah bangunan di sekitar patung Sura dan Baya itu yang terlihat rusak dan tidak terawat.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel:



Simak Video "Sekretariat Khilafatul Muslimin Surabaya Digeledah, Surat-Dokumen Disita"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA