Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Jan 2022 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Populer: Sejarah Kamar 308, dari Presiden Sukarno Khusus buat Nyi Roro Kidul

Tim detikcom
detikTravel
Kamar 308 di hotel Grand Inna Samudra Beach Sukabumi
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Kamar 308 di hotel Grand Inna Samudra Beach Sukabumi begitu terkenal di kalangan traveler, apalagi yang menyukai hal-hak mistis. Lalu bagaimana sejarahnya?

Beberapa waktu lalu kami bertemu dengan Abah Zaenal di Grand Inna Samudra Beach. Ia sesepuh Karang Hawu, kawasan di dekat hotel.

"Saya pemandu tamu yang masuk ke kamar 308 Grand Inna Samudra Beach. Tapi itu pun tidak semua tamu dipandu abah, yang mengenal aja, dan mereka ingin tawasul," kata dia mengawali obrolan.

Abah Zaenal sudah selama 20 tahun menjadi pemandu kamar 308 Grand Inna Samudra Beach Sukabumi. Berdasar penuturan turun temurun, beginilah sejarah kamar khusus Nyi Roro Kidul itu.

"Awalnya itu kan pertemuan ibu dengan Presiden Sukarno, di Karang Kursi awalnya. Sebelum dibikin hotel di sini, pertemuan Sukarno dan ibu dulu di Karang Kursi," kata dia.

"Baru setelahnya ada perjanjian untuk dibuatkan kamar khusus di kamar 308 Grand Inna Samudra Beach. Hotel ini dibangun pada 1962. Itu perjanjian dari Karang Kursi," dia menambahkan.

Lalu, apa yang bisa digambarkan dalam kamar 308 Grand Inna Samudra Beach?

"Ya kamar itu seperti biasa aja. Di situ ada tempat tidur tertata, terus kamar mandi, semacam cenderamata. Ada (identik dengan warna hijau)," dia menjelaskan.

Apa hubungan antara warna hijau dengan Nyi Roro Kidul?

"Kamar 308 Grand Inna Samudra Beach tidak sepenuhnya berwarna hijau seperti dicitrakan orang-orang. Ada warna lain di sana," kata dia.

"Gaun hijau hanya buat orang-orang yang berpikir di adat itu lambang kesuburan, tapi itu bukan pesugihan," dia menambahkan.

"Kesuburan itu dalam arti agar orang lebih mengenal kemakmuran," kata dia lagi.

Lalu apakah Nyi Roro Kidul suka warna hijau, Abah Zaenal menyangkalnya. Kata dia, anggapan itu sudah dalam ranah mitos belaka.

"Ada. Tapi itu kan hanya mitos," dia menegaskan.

Ia lalu memberitahu kami bahwa dirinya belum pernah sama sekali bertemu langsung dengan Nyi Roro Kidul. Namun, ia pernah mendapatkan pertanda dalam bentuk lain akan kehadirannya.

"Selama abah menjadi pemandu, secara dzahir bertemu dengan ibu belum pernah. Jujur saja. Tapi kalau ada bisikan, suara tanpa wujud itu pernah. Kejadiannya itu di kamar," kata dia.
Baca juga: Ke Kamar 308 Samudra Beach Biar Kaya Raya, Itu Salah!

"Kejadian seperti ini, abah pernah tawasul, ada yang duduk di sebelah kanan, nggak saya lirik karena lagi konsen. Ada bahasa sampai seperti ada yang nyapa ke badan, "Kamu harus sabar", seperti itu. Itu ada," dia menambahkan.

Masih banyak bertia menarik lainnnya yang ramai dibaca oleh para traveler yang bisa kamu. Berikut berita populer yang harus kamu baca lagi.



Simak Video "Dua Warga Sukabumi Tewas Tertimbun Longsor Saat Bangun TPT Fondasi Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA